Benarkah Covid-19 tanda akhir zaman?

Corona virus bisa menjadi sebuah ujian untuk mengingat akan dosa namun bisa juga menjadi azab bagi manusia karena melanggar aturan yang diberikan oleh Allah SWT.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, dan dinyatakan oleh al-Hafizh al-Haitsami dalam kitab Majma’ az-Zawa’id sebagai hadits yang shalih lil ‘amal bihi (layak dipedomani), bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberitakan kepada kita. Apabila umat manusia melakukan lima hal, maka mereka akan dihukum dengan lima hal. Dan kelima perbuatan itu adalah tanda-tanda semakin dekatnya hari kiamat.

1. Pertama, jika suatu kaum terang-terangan berzina maka akan menjalar berbagai wabah dan penyakit yang tidak  diketahui sebelumnya di kalangan mereka. Apa yang diucapkan oleh Baginda Nabi tersebut saat ini telah benar- benar terjadi.

2. Kedua, jika suatu kaum telah mengurangi timbangan, ukuran dan berbuat curang dalam jual beli, maka mereka  akan diazab dengan kemarau berkepanjangan, melambung tingginya harga kebutuhan pokok, dan kezaliman para  penguasa.

3. Ketiga, jika suatu kaum tidak mau berzakat, maka langit akan berhenti meneteskan air hujan untuk mereka.  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan di sebuah hadist yakni, seandainya bukan karena binatang- binatang, maka Allah tidak akan menurunkan air hujan sama sekali kepada mereka. Sebagaimana kita ketahui bahwasanya membayar zakat, baik zakat fitrah maupun zakat mal, hukumnya adalah wajib bagi yang mampu.  Ketidakmauan membayar zakat bagi orang mampu adalah dosa besar yang akan menjadi sebab murka Allah subhanahu wa ta’ala.

4. Keempat, jika suatu kaum meninggalkan perintah Allah dan Rasul-Nya serta melaksanakan larangan Allah dan Rasul-Nya, maka Allah akan menjadikan mereka dikalahkan dan dikuasai oleh musuh-musuh mereka dari luar  kalangan mereka, lalu musuh-musuh itu akan mengambil paksa apa yang mereka miliki, harta mereka bahkan tanah air mereka.

5. Kelima, jika suatu kaum, penguasa dan pemimpin mereka tidak lagi memerintah dengan adil sesuai petunjuk Al- Qur’an dan lebih menuruti hawa nafsu mereka, maka Allah akan menjadikan kaum tersebut saling bertengkar, saling berperang dan saling menyerang, sehingga mereka binasa bukan karena serangan musuh dari luar, tapi karena perang saudara sesama mereka sendiri.

Saat ini kita telah sampai pada zaman akhir. Semua tanda-tanda yang disebutkan oleh Nabi Muhammad saw benar-benar tampak nyata di hadapan kita pada zaman sekarang ini. Salah satu tanda dari akhir zaman adalah banyaknya fitnah. Sebagaimana sabda Nabi :

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ إِسْحَاقَ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ عَنْ أَبِي يُونُسَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيْلٌ لِلْعَرَبِ مِنْ شَرٍّ قَدْ اقْتَرَبَ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِي كَافِرًا يَبِيعُ قَوْمٌ دِينَهُمْ بِعَرَضٍ مِنْ الدُّنْيَا قَلِيلٍ الْمُتَمَسِّكُ يَوْمَئِذٍ بِدِينِهِ كَالْقَابِضِ عَلَى الْجَمْرِ أَوْ قَالَ عَلَى الشَّوْكِ قَالَ حَسَنٌ فِي حَدِيثِهِ خَبَطِ الشَّوْكَةِ

in Ishaq telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahi'ah dari Abu Yunus dari Abu Hurairah berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "celaka bagi bangsa Arab, telah dekat munculnya fitnah seperti gelapnya malam, di pagi hari seseorang dalam keadaan mukmin dan sore hari telah menjadi kafir, orang-orang menjual agamanya dengan kenikmatan dunia, pada hari itu sedikit yang berpegang dengan agamanya, seperti seorang yang memegang bara api, -atau beliau mengatakan: - "seperti memegang duri." Hasan menyebutkan dalam haditsnya, "menginjak duri." (HR. Ahmad)

Sementara yang dimaksud fitnah menurut ibnu arabi dalam linasul arab bahwa fitnah adalah :

الفتنة الإختبار، و الفتنة المحنة، و الفتنة المال، و الفتنة الاولاد، و الفتنة الكفر، و الفتنة اختلاف الناس بالآراء

Fitnah adalah cobaan, Fitnah adalah ujian, harta adalah harta, anak-anak adalah fitnah, kekafiran adalah fitnah, Fitnah itu bisa pula adalah perbedaan pendapat manusia. Intinya fitnah itu adalah segala hal yang dapat menjadikan manusia berselisih dan menjauh dari kebenaran agama.

Bahkan termasuk fitnah akhir zaman adalah banyaknya pembunuhan dan kematian. Sebagaimana sabda Nabi :

إِنَّ بَيْنَ يَدَيْ السَّاعَةِ لَأَيَّامًا يَنْزِلُ فِيهَا الْجَهْلُ وَيُرْفَعُ فِيهَا الْعِلْمُ وَيَكْثُرُ فِيهَا الْهَرْجُ وَالْهَرْجُ الْقَتْلُ.
 “Menjelang datangnya hari Kiamat ada hari-hari dimana kebodohan diturunkan, ilmu diangkat, dan banyak terjadi Al-Harj. Al-Harj itu adalah pembunuhan.” (HR. Al-Bukhari).

Sementara dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabarani menyebutkan bahwa salah satu tanda akhir zaman adalah banyak kematian mendadak. Rasulullah bersabda :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، رَفَعَهُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : مِنِ اقْتِرَابِ السَّاعَةِ أَنْ يُرَى الْهِلالُ قِبَلا ، فَيُقَالُ : لِلَيْلَتَيْنِ ، وَأَنْ تُتَّخَذَ الْمَسَاجِدَ طُرُقًا ، وَأَنْ يَظْهَرَ مَوْتُ الْفُجَاءَةِ

Dari Anas bin Malik, dia meriwayatkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di antara dekatnya hari kiamat, hilal akan terlihat nyata sehingga dikatakan ‘ini tanggal dua’, masjid-masjid akan dijadikan jalan-jalan, dan munculnya (banyaknya) kematian mendadak.

Semoga bermanfa'at. 

#KKL-DR IAIN PADANGSIDIMPUAN 
#KKL-DR 2020
#KKL-DR GROUP 52
#KKL-DR STAY AT HOME 
#KKL-DR COVID-19

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 amalan yang bisa menjauhkan diri dari penyakit termasuk covid-19!

Obat covid-19 dalam Al-Qur'an ungkap UAH

Hal yang dapat dilakukan dalam menyambut HUT RI di masa pandemi